Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang ideal di Indonesia. Terkenal dengan sifatnya yang merakyat, dengan berbagai inovasi yang diciptakan, serta kemampuan beliau untuk beradaptasi dengan kemajuan zaman.

Ganjar sebagai seorang pemimpin terbukti efektif, terhitung beliau telah menjabat selama 2 periode, yang pertama yakni tahun 2013-2018 dan yang kedua tahun 2018-2023. Kemampuannya dalam memimpin tak perlu diragukan, terbukti dengan beliau yang telah meraih 40 penghargaan hanya dalam kurun waktu satu tahun, yakni pada tahun 2022.

Dalam media sosial, sosok Ganjar Pranowo telah meninggalkan kesan yang melekat pada hati followers-nya. Mereka menganggap Ganjar sebagai suatu kebanggaan dan sosok yang layak dijadikan panutan. Provinsi Jawa Tengah dikatakan telah mengalami banyak perubahan ke arah yang positif dan membuktikan bahwa pemimpin yang baik ialah pemimpin yang tidak hanya mengandalkan teori, namun juga bagaimana praktik di lapangan.

GAYA KEPEMIMPINAN

Sebelum memasuki bahasan gaya kepemimpinan apa saja yang dimiliki Ganjar Pranowo, ada baiknya kita simak dulu apa itu gaya kepemimpinan? Gaya kepemimpinan merupakan bagian dari kepemimpinan, di mana merupakan suatu karakteristik atau ciri khas yang dimiliki seorang pemimpin dalam memimpin anggotanya.

Jadi, pemimpin memiliki caranya tersendiri dalam mempengaruhi bawahan dan mendorong untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Seorang pemimpin tentunya akan berhadapan dengan pilihan terhadap gaya kepemimpinan mana yang tepat untuk diterapkan di dalam sebuah organisasi.
Pemimpin dituntut untuk selalu memiliki pemikiran yang inovatif dan juga kreatif dalam menggagas suatu hal, sehingga memiliki pendirian dan tidak hanya mengikuti orang lain. Hebatnya, Ganjar Pranowo terbukti merupakan pemimpin yang inovatif ditandai dengan penghargaan yang diraihnya yakni Indonesian Innovative Leader pada Government Award 2019.

Kemampuan Ganjar Pranowo yang sangat baik dalam memimpin salah satunya disebabkan oleh pengalaman sebelumnya menjadi anggota DPR. Sehingga, kemampuan Ganjar Pranowo dalam memimpin tidak lepas dari pengalaman dan juga potensi diri beliau. Selanjutnya, berikut setidaknya ada lima gaya kepemimpinan yang ada pada diri Ganjar Pranowo selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Kelimanya ada potensi untuk diperdebatkan atau dibantah, silahkan saja.

1. KARISMATIK

Suatu pemimpin dapat mempengaruhi bawahan hanya dengan daya tarik yang besar. Daya tarik besar yang dimiliki Gubernur Jawa Tengah ini adalah adanya pendirian yang kuat dan keberanian dalam semua gagasannya. Dengan karisma ini, Ganjar dapat mempengaruhi masyarakat sehingga masyarakat memiliki kepercayaan penuh terhadap pemimpinnya dan dapat memotivasi masyarakat untuk terus bekerja sama mencapai tujuan bersama. Hal ini berkaitan dengan gaya kepemimpinan adaptif sebelumnya di mana Ganjar dapat mengatasi permasalahan pandemi Covid-19 dengan baik.

2. FOKUS PADA FOLLOWERS

Followers atau pengikut dalam konteks ini adalah masyarakat, merupakan aspek yang sangat penting dalam kepemimpinan. Dapat dikatakan followership adalah kunci kesuksesan dalam leadership. Ganjar terkenal akan kepeduliannya yang sangat tinggi terhadap masyarakat. Masyarakat pun juga selalu turut berpartisipasi aktif dalam semua program yang digagas oleh Ganjar Pranowo, salah satunya partisipasi aktif dalam forum diskusi. Hal ini sejalan dengan pernyataan Kelley (1992), di mana pemimpin yang hebat dapat mencapai keberhasilan karena ada dukungan serta nasihat dari followers dan juga pengeksekusian rencana dengan baik.

3. DEMOKRATIS

Gaya kepemimpinan ini berkaitan dengan sebelumnya, yakni fokus pada followers. Demokratis berarti melibatkan partisipasi masyarakat dalam segala proses pengambilan keputusan dan juga memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan Ganjar yang sering berbaur dengan masyarakat dan sering berdiskusi serta menyampaikan aspirasi dari masyarakat.

4. KOMUNIKATIF

Ganjar terkenal sebagai pemimpin masa kini yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Ganjar aktif dalam memanfaatkan beragam media sosial seperti twitter, instagram, tiktok untuk membuka ruang diskusi sebagai sarana komunikasi bertukar informasi dengan masyarakat.

5. INOVATIF

Selama masa jabatannya, Ganjar selalu melahirkan berbagai inovasi baru dalam memimpin rakyatnya. Salah satunya ialah ia dikenal sebagai pemimpin yang melek akan teknologi dan aktif menggunakan media sosial. Pemanfaatan media sosial ini merupakan sebuah langkah yang inovatif dalam memimpin.
Dapat kita lihat bahwa Ganjar Pranowo dalam memimpin menerapkan beragam gaya kepemimpinan. Ini menandakan bahwa kesuksesan dalam memimpin tidak bergantung hanya kepada satu gaya kepemimpinan dan tidak ada gaya kepemimpinan spesifik yang menentukan suatu kesuksesan dalam memimpin. Gaya Ganjar Pranowo dalam memimpin ini alangkah baiknya dijadikan contoh bagi para pemimpin lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *