Oleh : Bung Dodi

Pas aku dolan jebul ketemu kowe neng dalan
Kowe konangan gendak an

Nona pung belis mahal
Kaka main salah
Kaka main kaka main
Kaka main salah
Bapa mama suruh kaka untuk mundu sa
Nona cari yang lain semoga bahagia

Bagumam galak kutiko lai
Di nan tido kok dapek samo manangih
Tanyo batanyo nasib ka mujua
Ringan dijinjiang barek dipikua

Pembuka diatas adalah contoh potongan lagu dari beberapa daerah yang tengah di gandrungi dan sering putar di berbagai platform digital.

KTT ASEAN yang diadakan di Jakarta convention centre 5 – 7 September di Jakarta.

Malam Gala Dinner KTT ASEAN 2023 diadakan di Hutan Kota Plataran, Senayan pada Rabu, (6/9/2023).Dari mulai dekorasi pintu masuk, pilihan menu makanan, hingga hiburan, dan cinderamata, semuanya menampilkan sisi terbaik dari Indonesia.

Lagu – lagu yang mencerminkan kekayaan daerah dengan aransemen lagu yang kekinian bernuansa kontemporer di tampilkan pada gala dinner KTT ASEAN 2023. Lagu bernuansa dangdut dengan paduan hip hop dengan nada beat ala Indonesia yang kuat. Cukup Punya karakter dalam tampilan nya yang juga tidak kalah apik dari genre musik yang sudah populer zwdan tentu saja bisa dinikmati seperti musik – musik hallyu korea.

Pada Malam Gala Dinner tersebut tampak seluruh tamu dari berbagai negara sangat menikmati alunan lagu dan tarian yang ditampilkan. Semua bergerak mengikuti alunan dan rentak lagu.

*

Di media sosial akhir – akhir ini memang lagu pop nasional saya lihat agak sedikit redup pamor nya dengan munculnya lagu “lokal” yang menasional.
Kalau di bilang genre lagu – lagu “lokal” yang viral secara nasional ini gabungan dari beberapa genre lagu. Lagu yang bernuansa dangdut tapi ada POP nya dan sangat ngebeat pada alunan musiknya seperti musik Hip Hop yang memancing kita untuk bergoyang.

Kekayaan yang baru muncul ini harus mendapat dukungan dan menjadikan nya sebagai produk industri yang layak untuk di ekpor dalam bentuk budaya tak benda.

Pengelolaan dan dukungan serta manajemen yang baik saya yakin “lokal” pride seperti ini akan mendunia dan tidak mustahil juga bisa bersaing dengan musik – musik dari Korea Selatan yang telah mendunia terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *