Oleh : Bung Dodi
Dalam Pembukaan UUD 1945 diamanatkan bahwa memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial harus diwujudkan, dan jelas ini adalah Indikator minimum dalam mewujudkan Indonesia Raya.
Indonesia Raya hanya bisa di wujudkan jika kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial telah di lakukan.
*
Mencerdaskan kehidupan bangsa dalam artian memberikan porsi pembangunan manusia menjadi program prioritas yang harus dilakukan secara terstruktur sistematis dan berkelanjutan.
Mencerdaskan kehidupan bangsa telah dilakukan selama ini melalui berbagai program pembangunan manusia dan sarana prasarana pendukung lainnya yang terkait dengan pendidikan dan pelatihan dalam rangka memajukan sumber daya manusia Indonesia.
Pendanaan Pembangunan manusia Indonesia tidak hanya berada di kementerian teknis yang menangani pembangunan manusia seperti Kemendikbudristek, tetapi hampir tersebar di seluruh kementerian yang ada.
Alokasi anggaran APBN untuk sektor pembangunan manusia (Pendidikan) ini telah mencapai 20% dari total APBN Tahun 2023 ini. Tentu ini persentase yang cukup walaupun secara jumlah masih kalah jika dibandingkan dengan negara – negara maju lainnya.
Namun tetap harus menjadi catatan dan perhatian bersama, berapapun jumlah anggaran pendidikan yang tersedia, selain tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, namun juga harus memiliki tujuan tersembunyi “Merekat Persatuan dan Mewujudkan Indonesia Raya di Antara Bangsa Yang Lainnya”.
Pendanaan tidak boleh sia – sia, setiap luaran kegiatan yang dihasilkan, yang digunakan sebagai sumberdana untuk membiayai fisik maupun non fisik harus berorientasi “Merekat Persatuan, dan Mewujudkan Indonesia Raya di Antara Bangsa Yang Lainnya”.
*
Kuncian 20% anggaran pendidikan yang telah dijalan harus memaksa pemerintah pusat hingga daerah bahwa menumbuhkan secara terus menerus semangat persatuan harus tetap di di jaga. Wujud Indonesia Raya di tuangkan dalam target jangka panjang Indonesia Emas 2045 menjadi 4 besar negara maju di dunia.
Maju dalam peradaban, maju dalam ekonomi, sosial dan politik. Memiliki sistem pendidikan, kesehatan dan infrastruktur pendukung yang baik. Ketahanan pangan dan energi telah tercapai. Kemandirian masyarakat dan aktivitas sosial yang positif banyak di tengah masyarakat Sehingga menciptakan masyarakat yang bahagia dan juga produktif.
Semua elemen masyarakat juga harus memiliki gairah yang sama mejaga persatuan dan Mewujudkan persatuan Indonesia Raya. Indonesia Raya dalam artian menciptakan dan merencanakan generasi emas Indonesia tahun 2045.
Jika sekarang tahun 2023, maka tahun 2045 tersebut hanya tinggal 22 tahun lagi dari sekarang. Anak yang baru lahir pada tahun 2023 ini, pada saat Indonesia Emas tahun 2045 nantinya akan mencapai usia 22 tahun, dan anak yang baru akan mulai sekolah pada jenjang PAUD pada tahun 2023 ini akan berusia 28 tahun pada tahun 2045 nantinya.
Tentunya Mewujudkan generasi emas Indonesia menjadi syarat mutlak jika kita sebagai bangsa masih memiliki keinginan untuk terus bersama dan mewujudkan Indonesia Raya secara bersama – sama.
*
Oleh karena itu investasi yang telah di lakukan pada sektor pendidikan menjadi wajib berorientasi kepada nilai – nilai persatuan bangsa yang pada akhirnya keinginan kita adalah mewujudkan Indonesia Raya dalam bentuk terlahir nya generasi emas tahun 2045. Generasi yang cerdas, sehat, mandiri berkarakter baik dan peduli sesama.
Berbagai jenis program kegiatan yang akan diterapkan di bidang Pendidikan seperti pemberian beasiswa, pertukaran pelajar antar daerah dan wilayah, orang tua asuh harus berorientasi persatuan dan Mewujudkan Indonesia Raya.
Pemenuhan Standar Pendidikan yang berupa Sarana Prasarana, Mutu Dan Kualitas Pembelajaran, Pengelolaan dan Pendanaan Pendidikan serta penyediaan tenaga pendidik dan Kependidikan harus berorientasi merekat Persatuan untuk mewujudkan Indonesia Raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *