Andre Maurois mengatakan : “Jika Anda membuat suatu tindakan, Anda menciptakan kebiasaan. Jika Anda menciptakan kebiasaan, Anda menciptakan karakter. Jika Anda membuat karakter, Anda menciptakan takdir.” Dan Theodore Roosevelt mengatakan : “Karakter, dalam jangka panjang, adalah faktor penentu dalam kehidupan individu dan bangsa.”

Kata-kata Andre Maurois dan Theodore Roosevelt di atas menunjukkan tentang pentingnya karakter dalam menentukan nasib atau kesuksesan seseorang. Dan karakter ini jugalah yang harus menjadi pertimbangan kita semua dalam memilih calon pemimpin kita ke depannya karena karakter inilah yang akan menentukan nasib bangsa dan negara ke depannya.

Tinggal pertanyaannya adalah karakter seperti apakah yang dibutuhkan yang dapat membawa bangsa dan negara kepada kemajuan ?

Salah satu orang yang pernah melakukan survey secara khusus dan intensif mengenai karakter pemimpin yang dikagumi oleh orang adalah James Kouzes dan Barry Posner.  Mereka telah mensurvei selama lebih dari tiga puluh tahun terakhir tentang karakteristik teratas dari dua puluh karakter pemimpin yang dikagumi. Dan hasil surveinya ini telah dituangkan dalam buku yang kemudian mereka tulis yang berjudul, The Leadership Challenge.

Gambar di atas adalah hasil dari surveinya pada tahun 2017. Dan inilah 10 teratas dari karakteristik-karakteristik pemimpin yang dikagumi :

  • Honest  (Kejujuran) : 84%
  • Competent (Kecakapan / Kemampuan) : 66%
  • Inspiring (Menginspirasi) : 66%
  • Forward-Looking (Berwawasan ke Depan) : 62%
  • Intelligent (Kecerdasan) : 47%
  • Broad-Minded (Berwawasan Luas) : 40%
  • Supportive (Memberi Dukungan dan Semangat) : 37%
  • Dependable (Dapat diandalkan) : 
  • Fair-Minded (Berpikiran Adil) : 35%
  • Straightforward (Terus Terang, Lurus ke Depan) : 32%

Mungkin 10 karakteristik teratas dari pemimpin yang dikagumi ini yang merupakan hasil survei dari Kouzes dan Posner dapat menjadi pertimbangan kita dalam memilih calon presiden Indonesia ke depannya.

Tinggal pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat mengetahui dan mengukur karakter seseorang, khususnya karakter dari calon pemimpin bangsa dan negara ini ke depannya, yang akan menjadi pertimbangan dan penilaian obyektif kita ?

Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya, terutama agar tidak salah dalam memilih calon pemimpin bangsa dan negara ini ke depannya. Aamiin. Allahumma shali ‘ala Muhammad wa aali Muhammad.

1 thought on “Menimbang Survey Kouzes dan Posner Dalam Memilih Calon Presiden Indonesia Ke Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *